Kenapa aku kurus?

Mungkin bagi sebagian orang merasa agak asing jika mendengar pertanyaan semacam ini, karena biasanya pertanyaan yang paling sering muncul adalah “kenapa aku gemuk?”. Bagaimana tidak, dimana-mana, di buku, majalah, iklan, diskusi, dan media lainnya, kita akan sangat mudah menemukan tulisan yang membahas tentang penyebab gemuk, akibat gemuk, cara menurunkan berat badan, dan macam-macamnya sehingga orang akan tertarik membaca dan melakukan apapun titah dari buku, iklan, dan media tersebut agar berubah menjadi kurus.

Nah, sekarang lain halnya dengan yang dibahas diatas. Kenapa aku kurus? Ini jelas akan dipertanyakan bagi mereka yang memang merasa kurus. Mereka tidak PD, tidak nyaman, dan kurang puas dengan tubuh kurus mereka. Mengapa? Beberapa diantara mereka merasa tubuhnya yang mungil dan kurus sangat menggangu penampilan. Mereka merasa bahwa tubuh kurus itu tidak sexy (terutama wanita yaa). Dan lucunya lagi, sebagian diantara mereka yang kurus berfikir bahwa tubuh kurus jelas kurang menarik dipandang karena orang berfikir kalau si kurus itu kekurangan gizi dan hidupnya kurang bahagia.

Wkwkwkwkwk. Jujur, bagi saya alasan ini sangat lucu.

Belum lagi mereka akan sangat merasa risih jika teman-teman atau kelurga selalu berkomentar;

Ya ampuuun, kamu kurus banget si de.

Edan gila, dari dulu lu gak berubah ya?kuruuuuus mulu, kapan gemuknya coy?.

Ini tangan apa kayu ya, haha.

Makan yang banyak geura, sebelum tidur makan telor rebus trus minum susu biar gak gini.

Neng mah leutik wae geuning, Ema mah watir ningalina.

Diakui ataupun tidak, si kurus akan merasa geram mendengar celotehan orang-orang yang berkomentar seperti itu, dan sebagian memang terkesan meledek. Bukan hanya geram, bahkan dia bisa jadi merasa sedih.

Baiklah kawan, saya mengerti perasaan mereka yang merasa seperti itu (so bijaksana).

Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa penyebab umum terjadinya kekurangan berat badan dan menjadi kurus khususnya pada perempuan adalah keinginan mereka dalam program diet untuk mendapatkan tubuh langsing yang ideal.

Selain itu, faktor genetik juga diketahui berperan dalam hal tersebut, sama halnya seperti obesitas. Kondisi genetik yang diturunkan pada seseorang dapat menyebabkan kadar metabolisme tinggi atau sel lemak badan yang kurang. Sehingga seringkali kita melihat seseorang dengan nafsu makan yang besar namun tetap memiliki tubuh yang kurus. Nah, kalau itu berarti memang karena faktor keturunan.

Faktor usia juga berpengaruh terhadap underweight karena semakin bertambahnya usia akan menyebabkan semakin berkurangnya kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi atau zat gizi dari makanan sehari-hari.

Faktor yang berpengaruh lainnya adalah penyakit-penyakit kronis seperti tuberkulosis (TBC), kanker, AIDS dan proses penyembuhan atau pemulihan yang melemahkan ketahanan tubuh serta memerlukan persediaan gizi yang lebih banyak. Sehingga bila asupan makanan berkurang sedikit saja maka nilai gizi di dalam tubuh juga akan lebih cepat berkurang.

Faktor yang selanjutnya adalah gaya hidup seseorang dalam mengonsumsi jenis-jenis zat tertentu seperti nikotin, kafein dan berbagai macam penyedap rasa. Zat-zat tersebut diketahui dapat mengurangi selera makan yang normal sehingga bila keadaan itu berlangsung terus menerus maka tubuh akan cepat menjadi kurus.

Banyak kasus kekurusan terjadi lantaran kurangnya asupan makanan yang dikonsumsi. Atau, kandungan kalori makanan yang dipilihnya rendah, sehingga kalori yang masuk kurang, meskipun jumlah makanan yang dikonsumsi banyak. Itu terjadi, misalnya, pada mereka yang mementingkan makan sayur dan buah-buahan, tanpa asupan protein hewani serta karbohidrat yang cukup.

Faktor lain, bisa jadi si kurus mengidap penyakit tertentu yang menyebabkan nafsu makan turun, sehingga asupan energinya pun menjadi rendah.

Dan maniak olahraga juga ternyata bisa mengakibatkan kurus karena tidak seimbang dengan asupan gizi dan tenaga yang dikeluarkan.

Penurunan berat badan membuat imunitas tubuh ikut menurun. Akibatnya, risiko terhadap serangan penyakit infeksi akan meningkat. Namun, tidak berarti semua orang kurus tidak sehat badannya, loh. Ada yang berperawakan kurus, tapi kesehatannya cukup baik energik dan bugar. Dalam kasus demikian, mungkin itu faktor bawaan. Buat dia, makan banyak pun “tidak akan jadi daging”.

Nah, kenapa aku kurus?

Jawabanya bisa jadi karena beberapa faktor diatas.

41 Komentar (+add yours?)

  1. Usup Supriyadi
    Mar 07, 2011 @ 08:43:31

    dus, saya juga kurus nih. naikin dong

    Balas

  2. Abi Sabila
    Mar 08, 2011 @ 05:42:34

    dari dulu sampai sekarang, badan saya cukup stabil, sedang-sedang saja. Alhamdulillah…

    Balas

  3. hilsya
    Mar 11, 2011 @ 11:22:00

    dik rimma.. tante *jiaaah..:D* mo berbagi cerita pengalaman pribadi di http://hilsya.wordpress.com/2011/01/11/hilang-selera/

    mulai sekarang, usahakan untuk memenuhi standar BB ideal.. jangan sampe deh, belum tua2 banget udah penyakitan kayak saya :( mau dikejar segala kekurangannyapun udah terlanjur kronis…

    banyak makan yah *sambil maksa diri sendiri*

    Balas

  4. Alam
    Apr 05, 2011 @ 04:09:35

    haduh…. seumur hidup sampai sekarang ini ane jg baru gemuk sekali (waktu SMP dulu) :mrgreen: sekarang ma yg gemuk cuma perutnya (macam perut om-om) :mrgreen:

    Balas

  5. imeldha tievanyy
    Okt 24, 2011 @ 13:29:05

    saya kok kurus bgtz ya ,,
    trus sma tman tman sya sering dibilang kurang gizilah, cungkring lah, gmna ya biar sya gemuk

    Balas

  6. cacha
    Nov 15, 2011 @ 12:07:23

    iyaa ni bener bgd, pdhl aku thu alhamdulillah sehat wal afiat, tidak kekurangan gizi dan makanku juga banyak, dan kebetulan aku ni dancer jd olahraga juga cukup, tp tetep kgag bisa gemuk, tp ni kyknya faktor genetik soalnya mama papa dl juga gni, stlh nikah dan punya anak jd gemuk skrg. haha.. Biarlah temen2 menggonggong aku tetap berlalu XD NI BWT TEMEN2 GUE, BACA NOH ARTIKEL NI !

    Balas

  7. Imam
    Des 24, 2011 @ 13:11:56

    Saya juga kurus tinggi saya 170 tapi berat badan hanya 39kg.
    Klo tau cara menambah berat badan beritahu saya lewat fb imamm87@yahoo.com
    username: mohammad imam mudhofir

    Balas

  8. yusuf
    Jan 06, 2012 @ 16:11:28

    ..ya kenapa ya padahal dah makan yg cukup tpi bdn gk naik jg

    Balas

  9. heritech
    Jan 18, 2012 @ 08:51:32

    ternyata ada yang lebih kurus dari ane 171cm cuma 43kg kurus banget padahal makan banyak, olahraga iya vitamin juga tetepaja kurus. sekarang lagi cobain obat cina baru dua mingguan, lumayan lah nambah dikit walau masih keliatan agak kurus pergelangan tangan agak sedikit membesar, mudah-mudahan dua bulan aga gemukan
    kalo mau coba-coba terserah
    bisa pesen di sini gan http://alusstore.blogspot.com/
    bukan iklan ya gan cuma mau bantu dikit aja kurus th ga enak

    Balas

  10. Tuhri hanakiri
    Mar 09, 2012 @ 03:34:41

    duuh jadi li..er eiy, mana yang bener nich volume makan dah standar kalo dah kenyang berenti, mau minum obat gemuk gitu tuh ceritanya jd gak dapet solusi yang pas buat gemukin badan

    Balas

  11. loveKhuntoria
    Apr 30, 2012 @ 06:25:24

    q bgt, kurus niy badan.kurus emg jadi beban.dah makan 5kali sehari, minumsusu, minum jamu tradisional, tetep aja kurus.takdir kale ye???hwuahahhaha…..
    yang bikin jengkal lg omongan orang2yg sok tau yg ngejek2 itu tu, bikin muntah huwekkk cuih,,ngehina orangkurus kyk kita2.wlopun kurus yang penting sehat, cantik n kaya. hahhahahahha(somobong dikit boleh dong)

    Balas

  12. ayu
    Jun 08, 2012 @ 06:47:30

    aku juga kurus bnyak org yg ngjek2 tp q cuekin yg pnting shat

    Balas

  13. Yeva Wirdia N
    Jun 18, 2012 @ 06:50:23

    dari orok dah di takdirin punya badan kurus :( . walaupun tdk sedikit org yg suka berkata tidak menyenangan tentang body qw, tapi qw tetap bersyukur masih memiliki body yg utuh, sempurna, krn mash banyak di luaran sana orang yg memiliki body yg kurang (cacat), tp qw tetep bersyukur… :)
    dan beruntung punya pacar yg nerima apa adanya! :)

    Balas

  14. Nanda aidil fitrah
    Jul 26, 2012 @ 22:37:10

    Coy, gmna nih….
    Nafsu makan q cukup baik,,
    tapi kenapa aq masih kurus…..

    Apa sih yang salah dari tubuh gw

    Balas

  15. yanto
    Jul 29, 2012 @ 13:21:16

    gue kurus nihh
    sering di ejek klo main pentas drama atau opera

    naikin dongg

    tapi kurus kurus gue ganteng lohh,,,

    hahahaha

    Balas

  16. dha
    Agu 03, 2012 @ 06:52:55

    ane juga kurus nih,
    hiks hiks

    Balas

  17. Setyo
    Agu 17, 2012 @ 12:06:34

    Wah, kenapa aku kurus ya?

    Balas

  18. novita
    Okt 08, 2012 @ 09:46:16

    iya aku juga kurus banget .. yg penting cantik… :P

    Balas

  19. lilis
    Okt 31, 2012 @ 09:37:40

    adtya@ lw bb’y 43 mh stndar geh itu mh…

    Balas

  20. anwar
    Nov 10, 2012 @ 09:09:36

    eh gwe juga kurus nih..! jadinya,agak gak pede pass tampil depan umum ! ake lengan panjang mulu !…,padahal makanya banyak !:( olahraga pula ! ya tuhan..aapakah ini takdir !! semoga SMA nanti gemuk dah…amieeennn !!….
    need..balasan !!…..berat badan saya 39 tinggi saya 150-an !! ga ideal bgt

    Balas

  21. mutiara
    Nov 17, 2012 @ 15:40:46

    ternyata temenku buanyak buanget,,, pada kurus2 smwa,,, pualing suwebel kalo ada yg bilang,,,, “kamu kurus bgt,, pdahal banyak duit”,, ya Alloh,, tolonglah aku,,, aku pengen gemuk tapi seky,,, amien,,,

    Balas

  22. Lisa
    Nov 21, 2012 @ 17:04:00

    Aq punya masalah yg sama dg kalian2 di atas,,tp,ttep brsyukur,,byk org gemuk pngen kurus,,y uda yg kurus brsyukur ajja,,anggap ajja punya bdan super ModeL,,,:) nnton fhasion Tv bikin bangkit rsa Pd buat si kurus,,karena model2 paris kurus2 bget,,so,anggap aja qt bgian dr mreka ^^
    Biar kurus yg penting Cantik hhooooo

    Balas

  23. wahyu
    Des 02, 2012 @ 10:40:42

    thanks ea atas saran..nya aku mau coba ni

    Balas

  24. shofi
    Feb 14, 2013 @ 08:57:23

    ga papa kurus yang penting sehat, baik dan cantik,, cuekin aja colotehan orang-orang… walaupun kadang sebel juga sih….
    aq tinggi badan 163 cm. berat badan 43 kg

    Balas

  25. MHauzan
    Mar 05, 2013 @ 10:47:20

    Klo pengen tumbuhin otot (bwt cwo) apa harus gemukin badan dulu ya??

    Balas

  26. BOY
    Mar 19, 2013 @ 04:38:27

    q dri dlu smpai skrnh og msih kurus tho

    Balas

  27. sandy
    Apr 04, 2013 @ 14:20:06

    alhamdulilah gue gx kurus

    Balas

  28. pipit
    Mei 24, 2013 @ 09:31:02

    tb q 159 n bb y 46,, ideal y baru 18,1… masih 4 lg dah cukup,,,, tp msh klihatan kurus ja d pandang???

    Balas

  29. umur sya 19 kurus bgt tb 162 bb.40kg . sya skrg lg gemukin bdn nh, doain ya moga sukses ! :p
    Mei 27, 2013 @ 17:55:02

    Balas

  30. jaya
    Mei 30, 2013 @ 20:39:01

    saya makan sudah banyak dan teratur,
    sudah nasib ana kali kurus.

    Balas

  31. Salsa
    Jul 22, 2013 @ 08:40:23

    Ana juga kurus nich…

    Balas

  32. olive
    Agu 06, 2013 @ 03:31:09

    saya kurus banget, selalu minder kalo diliat orang2 pdahal makanan yang saya makan bergizi :(

    Balas

    • Ossy Indra Wardhani
      Sep 22, 2013 @ 07:56:33

      Misiiii mau ikut berbagi cerita. Nama aku Ossy. Baru kelas 2 SMA. Usia 15 tahun. Aku termasuk cewek termuda di kelas + cewek terkecil di kelas. Tinggi 160 berat badan cuma 35kg. Capek hati jadi orang kurus, sering dijadiin bahan ledekan. Aku makan udah porsi tukang gali, tapi masih kecil aja badannya.

      Balas

  33. nida
    Okt 30, 2013 @ 12:05:14

    mulai dulu sampe skrang, bukannya tamba gemuk , tapi malah kurus :( malu jadi gak PD

    Balas

  34. Wahyudi
    Mar 31, 2014 @ 05:15:03

    Hahaha, kasian ya kalo punya badan kurus jadi diledekin terus.. dan juga karena itu toh penyebabnya… bagus deh jadi lebih mengerti.. thanks atas artikelnya !

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: